Tugas Kelas 6C

Rabu, 16 Februari 2022

BAHASA INDONESIA

Assalamu’alaikum wr. wb. anak-anak kita melanjutkan materi sebelumnya ya!, yaitu materi tentang Pidato.

 

A.     Bacalah dengan seksama contoh teks pidato yang bertemakan kepemimpinan di bawah ini!

 

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu!

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua!

Yang saya hormati ibu wali kelas VIC. dan yang saya kasihi teman-temanku sekalian. Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Swt, karena limpahan rahmatnyalah, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal'afiat. Saya ingin menyampaikan terima kasih atas waktu yang diberikan kepada saya.

Teman-temanku sekalian, saya ingin berterima kasih atas kepercayaan yang sudah kalian berikan dalam memilih saya sebagai ketua kelas yang baru. Sebagai manusia biasa, tentunya saya mempunyai banyak khilaf dan salah. Saya pun tidak dapat menjalankan kepemimpinan yang baik jika tanpa bantuan teman-teman sekalian.

Teman-temanku, kita itu ibarat sebuah mobil dimana saya hanyalah seorang supir dan teman-teman semua merupakan bagian dari mobil yang akan saya kendarai. Jika kurang 1 baut saja pada mobil, pasti mobil itu tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Begitupun kita dalam mencapai tujuan, kita harus bekerja sama. Saya hanyalah penggerak dan pengarah, tanpa kalian saya tidak akan mampu berjalan dengan sempurna. Karena itu, saya ingin mengajak teman-teman semua untuk mari bekerja sama sebaik mungkin. Tumbuhkan rasa kebersamaan dan kekompakan.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Saya memohon maaf apabila ada kesalahan kata yang tida saya sengaja.  Akhir kata, wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatu dan selamat pagi.

 

B.      Lengkapilah tabel di bawah ini sesuai dengan kutipan teks pidato di atas!

 

Unsur Pidato

Kutipan Teks Pidato

Salam pembuka

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Pembukaaan

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Isi pidato

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Penutup

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Salam penutup

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Artikel